kumpulan soal

RASIONALISASI

01. EBT-SMP-94-11
Faktor-faktor prima dari 252 adalah …
A. 2, 3 dan 5
B. 2, 3 dan 7
C. 2, 5 dan 13
D. 2, 5 dan 17

02. EBT-SMP-02-03
Selisih dari 7,2 dan 3,582 adalah …
A. 3,618
B. 3,628
C. 3,682
D. 3,728

03. EBT-SMP-95-07
Hasil dari  adalah …
A.
B.
C.
D.

04. EBT-SMP-93-15
Hasil dari adalah …
A.
B. 4
C.
D.

05. EBT-SMP-94-12
Hasil pembagian : adalah …
A.
B.
C.
D.

06. EBT-SMP-00-04
= …
A. 7
B.
C.
D.
07. EBT-SMP-96-28
Hasil dari adalah …
A.
B.
C.
D.

08. MD-81-21
Hasil ialah …
A. 0
B. √2
C. 2√2
D. –√2
E. –2√2

09. MD-84-24

A. 0,25
B. 0,50
C. 0,75
D. 1,00
E. 1,25

10. MD-82-13
= …
A. 0,25
B. 0,50
C. 0,75
D. 1,00
E. 1,25

11. EBT-SMP-00-10
Diketahui = 1,50 dan = 4,74.
Nilai adalah …
A. 0,015
B. 0,0474
C. 0,150
D. 0,474

12. MD-82-14
(4a3)2 : 2a2 = …
A. 2a4
B. 4a3
C. 8a3
D. 8a4
E. 2a3

13. EBT-SMP-01-11
Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari bentuk aljabar 6a2b3 dan 8a4b2 adalah …
A. 24a2b2
B. 24a4b3
C. 24a6b5
D. 24a6b6

14. EBT-SMP-97-02
Pada bujur sangkar ajaib di
samping, nilai a dan b
berturut-turut adalah …
A. 4 dan 6
B. 4 dan 9
C. 6 dan 8
D. 6 dan 9

15. MD-86-19
Jika p = 4 dan q = 3, maka nilai terbesar di antara perpangkatan berikut adalah …
A.
B.
C.
D.
E.

16. MD-85-16
Untuk p positif , sama dengan …
A.
B.
C.
D. (2p) 2
E. khayal

17. MD-81-23
sama dengan …
A. 2x
B. 4x
C. 8x
D. 4×2
E. 8×2

18. MD-02-15
Jika x > 0 dan x ≠ 1 memenuhi , p bilangan rasional, maka p = …
A.
B.
C.
D.
E.

19. MD-98-18

A.
B. . b
C. a . b
D. a
E.

20. MD-03-02
Jika a > 0, maka
= ,,,
A.
B.
C.
D.
E.

21. MD-03-01
Nilai dari
(2 + 3 + 2 + 5) (–2 + 3 + 2 – 5) (10 + 23) = …
A. –4
B. –2
C. 0
D. 2
E. 4

22. MD-99-19
= …
A. p
B. 1 – p2
C. p2 – 1
D. p2 + 2p + 1
E. p2 – 2p + 1

23. EBT-SMP-97-29
Bentuk sederhana dari adalah …
A.
B.
C. 2
D. –1

24. MD-04-03
Dalam bentuk pangkat positif dan bentuk akar
= …
A.
B.
C.
D.
E.

25. MD-04-01
Nilai x yang memenuhi persamaan

adalah …
A. 4
B. 2
C. 0
D. –2
E. –4

26. MD-02-14
Jika : a dan b bilangan bulat, maka a + b = …
A. –5
B. –3
C. –2
D. 2
E. 3

27. EBT-SMA-94-04
Dengan merasionalkan penyebut, bentuk sederhana dari adalah ……
A. – 15 – 10
B. 15 – 10
C. 15 – 10
D. – 15 + 10
E. 15 + 10

28. EBT-SMA-87-04
Ubahlah penyebut menjadi bentuk rasional …
A. 3 (3 + 22)
B. –3 (3 + 22)
C. (3 – 22)
D. 3 (3 – 22)
E. (3 + 22)

29. EBT-SMA-90-03
Bentuk , dapat disederhanakan menjadi …
A. (5 – 23)
B. (5 + 23)
C. (5 – 23)
D. (5 + 23)
E. (5 – 23)

30. MA-78-07
Jika maka p + q sama dengan …
A. 42
B. –42
C. 6
D. –6
E. 1

31. EBT-SMP-00-36
Dua bilangan cacah berbeda 8, sedangkan hasil kalinya 240. Salah satu bilangan tersebut adalah …
A. 60
B. 30
C. 20
D. 8

32. EBT-SMP-95-22
Jika 65 persen penduduk bercocok tanam, sedang penduduknya sejumlah 160 juta, maka banyaknya penduduk yang tidak bercocok tanam adalah …
A. 35 juta
B. 40 juta
C. 48 juta
D. 56 juta

33. EBT-SMP-02-19
Diagram di samping memper-
lihatkan distribusi pilihan siswa A B
dalam kegiatan ekstrakurikuler. elektronika
Diketahui banyaknya siswa kerjn
adalah 480 orang.  AOB = 90o, komputer ukir C
 COD = 70o,  DOE = 50o dan O teater
 AOE = 120o. Perbandingan tari
banyaknya pemilih kerajinan D
ukir dan tari adalah … E
A. 3 : 5
B. 4 : 5
C. 3 : 10
D. 2 : 5

34. EBT-SMP-00-21
Diagram di samping menyatakan
kegemaran dari 1.200 siswa. voli
Banyak siswa yang gemar 45o basket
bermain basket adalah … bulutangkis
A. 60 orang 180o bola 60o
B. 80 orang
C. 100 orang silat
D. 120 orang 45o

35. EBT-SMP-01-20
Perhatikan diagram !
Banyak buku pelajaran yang
tersedia untuk mata pelajaran PPKn
PPKn adalah … 81o
A. 32 buah 30o Matematika
B. 64 buah 75o 240 buah
C. 96 buah 60o
D. 128 buah

36. MD-86-35
Jika 2 -3 = –8, maka
SEBAB
1
37. EBT-SMP-00-03
Seorang siswa berhasil menjawab dengan benar 28 soal, salah 8 soal serta tidak menjawab 4 soal. Bila satu soal dijawab benar nilainya 4 dan salah nilainya –3 serta tidak menjawab nilainya –1. Nilai yang diperoleh siswa tersebut adalah …
A. 56
B. 91
C. 88
D. 84

38. MD-84-30
Jika x dan y bilangan real dan x2 = y2 maka dapat disimpulkan …
(1) x = y
(2) x = –y
(3) x = y dan x = –y
(4) x = y atau x = –y

39. EBT-SMP-98-03
Jumlah dua bilangan pecahan yang saling berkebalikan adalah 2 , maka salah satu bilangan tersebut adalah …
A.
B.
C.
D.

40. MD-83-03
Jika selisih pangkat tiga dua bilangan bulat yang ber-urutan adalah 169, maka hasil kali kedua bilangan ini adalah …
A. 42
B. 56
C. 72
D. 132
E. 156

41. MD-86-27
Perhatikan yang berikut
Diketahui : x = 5
Maka x 2 = 25 (1)
x 2 – 5x = 25 – 5x (2)
x(x – 5) = –5(x – 5) (3)
Jadi x = –5 (4)
Sehingga 5 = –5 (5)
Kesimpulan ini salah dan kesalahan terletak pada lang-kah …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

8 Komentar (+add yours?)

  1. rikhah
    Nov 01, 2010 @ 06:19:12

    Tau2 klo guru Metix

    Balas

  2. aris63
    Nov 01, 2010 @ 06:21:46

    saran bu…… tulisan sebaiknya di penggal…….

    Balas

  3. ekaprasetyawati
    Nov 01, 2010 @ 07:12:36

    Bu tambahkan kunci jawabannya dunk…….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 2.009 hits
%d blogger menyukai ini: